Kamis, 02 Agustus 2018

3.2. Memahami tugas dan tanggungjawab admin server

A. Tugas & Tanggung jawab ADMIN SERVER

Admin server mempunyai 3 tugas utama seperti membangun, mengelola, dan memperbaiki server. Ketiga tugas itulah yang “wajib” dilakukan seorang admin server untuk menjaga server tetap berjalan dengan baik.
                  Hasil gambar untuk tugas dan tanggung jawab admin server
Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab seorang admin server :
  • Mengatasi segala permasalahan yang terjadi pada server.
  • Melakukan perbaikan dan upgrade (jika perlu) pada server.
  • Menjaga aktivitas jaringan pada perusahaan tetap berjalan dengan baik.
  • Melakukan backup data secara berkala.
  • Melakukan troubleshooting jika terjadi aktifitas yang mencurigakan pada server.
  • Menjaga software yang digunakan server tetap up to date.
  • Melakukan integrasi dengan teknologi baru (jika ada).
  • Memanajemen pengguna seperti menambah atau menghapus pengguna.
                                         
B.Identifikasi Ancaman keamanan Server

Prinsip Ancaman keamanan yang harus selalu diperhatikan meliputi:


1. Kerahasiaan (confidentiality)

       Confidentiality atau kerahasiaan adalah pencegahan terhadap mereka yang tidak      memiliki kepentingan terhadap informasi jaringan . Secara umum dapat disebutkan      bahwa kerahasiaan mengandung makna bahwa informasi yang tepat terakses oleh      mereka yang berhak ( dan bukan orang lain), sama analoginya dengan e-mail                maupun data-data perdagangan dari perusahaan.

2. Integritas (Integrity)

       Integrity atau Integritas adalah pencegahan terhadap segala hal yang berkaitan          dengan kemungkinan amandemen atau penghapusan informasi oleh mereka yang        tidak berhak. Secara umum maka integritas ini berarti bahwa informasi yang tepat,        tidak terjadi cacad maupun terhapus dalam perjalananya dari penyaji kepada para        penerima yang berhak.


3. Ketersediaan (Availability)

        Availability atau ketersediaan adalah upaya pencegahan ditahannya informasi        atau sumber daya terkait oleh mereka yang tidak berhak. Secara umum makna            yang dikandung adalah bahwa informasi yang tepat dapat diakses bila dibutuhkan        oleh siapapun yang memiliki legitimasi untuk tujuan ini. Berkaitan dengan                      “messaging system” maka pesan itu harus dapat dibaca oleh siapapun yang                  dialamatkan atau yang diarahkan, sewaktu mereka ingin membacanya.


4. Non-repudiation

        Non-repudiation adalah menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah        melakukan sebuah transaksi. Sebagai contoh, seseorang yang mengirimkan email        untuk memesan barang tidak dapat menyangkal bahwa dia telah mengirimkan              email tersebut.

5. Autentikasi 

        Autentikasi adalah suatu langkah untuk menentukan atau mengonfirmasi bahwa       seseorang (atau sesuatu) adalah autentik atau asli. Melakukan autentikasi terhadap     sebuah objek adalah melakukan konfirmasi terhadap kebenarannya. Sedangkan           melakukan autentikasi terhadap seseorang biasanya adalah untuk memverifikasi           identitasnya. Pada suatu sistem komputer, autentikasi biasanya terjadi pada saat           login atau permintaan akses.

6. Access Control 

       Access Control adalah Mekanisme untuk mengatur ‘siapa boleh melakukan apa’,       ’dari mana boleh ke mana’. Penerapannya membutuhkan klasifikasi data (public,           private, confident, secret) dan berbasiskan role (kelompok atau group hak akses).         Contoh ACL antar jaringan, ACL proxy (pembatasan bandwith) dll

7. Accountablity 

        Accountablity adalah Adanya catatan untuk keperlan pengecekan sehingga              transaksi dapat dipertanggungjawabkan. Diperlukan adanya kebijakan dan                    prosedur (policy & procedure). Implementasi dapat berupa IDS/IPS (firewall), syslog      (router)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pembahasan soal dan jawaban UN 2017

Latihan Soal Ujian Nasional (UN) Teori Kejuruan TKJ  SMK 2017 . 1. Alat yang berfungsi untuk menghubungkan 2 jaringan dengan segmen yang ...