Kamis, 17 Oktober 2019

Latihan soal 1

C.Latihan soal

1.Apakah yang dimaksud proxy server?

JAWAB: Komputer khusus atau sistem perangkat lunak yang berjalan pada komputer yang bertindak sebagai perantara antara perangkat endpoint, seperti komputer, dan server lain dari tempat pengguna atau klien meminta layanan. Server proxy mungkin ada di mesin yang sama dengan server firewall atau server terpisah, yang meneruskan permintaan melalui firewall . 

2.Apakah keuntungan proxy server?
   
JAWAB: Cachenya bisa melayani semua pengguna

3.Bagaimanakah cara proxy server meningkatkan keamanan untuk mencegah serangan DoS?
   
JAWAB: Administrator harus selalu memperbarui perangkat lunak, menggunakan load balancing, menegakkan otorisasi dan otentikasi yang aman dan memblokir lalu lintas yang tidak diminta, proxy berbahaya dan terbuka. 

4.Bagaimana cara menghack server proxy?

JAWAB: Penyerang membuat salinan dari halaman web yang ditargetkan pada server proxy dan menggunakan metode seperti isian kata kunci dan menautkan ke halaman yang disalin dari situs eksternal untuk menghasilkan peringkat mesin pencari secara artifisial. Laman asli akan diberi peringkat lebih rendah dan dapat dilihat sebagai konten duplikat, sehingga mesin pencari dapat menghapusnya dari indeksnya. 
5.Sebutkan jenis jenis proxy!

JAWAB: 1. Proxy Transparan (Transparent Proxy)

Proxy transparan merupakan salah satu jenis proxy yang sebaiknya tidak perlu digunakan. Karena jenis ini adalah proxy yang sama sekali tidak merahasiakan alamat IP penggunanya, sehingga alamat IP pengguna akan terlihat jelas oleh publik di dunia maya. Bahkan penggunaan proxy transparan juga disebut-sebut bisa membuat alamat IP pengguna diblokir (banned) secara permanen dan ini juga membuat pengguna tidak bisa mengakses situs-situs tertentu.

Namun jika proxy ini sudah dikonfigurasikan secara khusus untuk penggunaannya, maka pengguna tidak akan mendapati alamat IP diblokir seperti yang sudah disebutkan di atas. Proxy transparan sendiri biasanya banyak diaplikasikan pada perusahaan-perusahaan untuk mengakses informasi lokal. Misalnya seperti informasi seputar perusahaan yang hanya bisa diakses oleh karyawan di sekitaran lokasi perusahaan saja.

2. Proxy Anonim (Anonymous Proxy)
Proxy anonim merupakan jenis proxy yang tidak membuat alamat IP asli penggunanya terdeteksi, namun hanya akan terlihat alamat IP samaran yang tidak mencurigakan di dunia maya. Adapun ketika  pengguna mengakses internet, alamat IP adalah barang wajib yang harus ada agar pengguna tersebut dapat terhubung ke internet. Tanpa alamat IP kemungkinan sangat mustahil bagi pengguna bisa terhubung ke internet.

Untuk hal itulah proxy anonim ini digunakan; misalkan ketika pengguna mengakses sebuah website, otomatis website tersebut akan mengetahui alamat IP yang digunakan oleh pengguna. Namun jika menggunakan proxy anonim, website tersebut tidak akan mengetahui alamat IP asli milik pengguna tapi yang terdeteksi hanyalah alamat IP proxy server saja. Intinya proxy ini bisa digunakan untuk menyamarkan alamat IP asli dan bahkan penggunaan proxy anonim juga dipercayai meningkatkan keamanan data milik pengguna.

3. High Anonymity Proxy
Proxy yang satu ini tidak mendefinisikan dirinya sebagai sebuah proxy server, sehingga tidak menyediakan alamat IP. Dan ketika pengguna mengakses sebuah situs, maka alamat IP pengguna tidak akan terbaca oleh situs bersangkutan maupun internet, namun justru terbaca sebagai sebuah klien. Secara tidak langsung hal ini mengartikan bahwa high anonymity proxy sangat merahasiakan alamat IP penggunanya.

4. Distorting Proxy
Distorting proxy fungsinya hampir mirip dengan anonim proxy, yakni sama-sama tidak membuat alamat IP asli penggunanya terlihat. Namun perbedaanya terletak pada—jika anonim proxy mengubah alamat IP asli penggunanya menjadi alamat IP proxy server, maka distorting proxy ini justru mampu merekayasa alamat IP asli milik pengguna. Sedangkan IP aslinya sendiri hanya dapat dilihat pada HTTP HEADER.

5. Reverse Proxy
Reverse proxy pada dasarnya digunakan untuk menyediakan jalan atas berbagai permintaan pengguna dari internet melalui sebuah firewall yang terisolasi atau melalui jaringan pribadi. Adapun untuk fungsinya sendiri, reverse proxy biasa digunakan untuk mencegah pengguna terhubung ke internet dengan akses yang tak termonitor. Selain itu, jenis proxy ini kerap diaplikasikan pada perusahaan-perusahaan yang membatasi penggunanya untuk membuka situs-situs tertentu, dan biasanya digunakan pada jaringan lokal seperti intranet.

Perlu diketahui, Indoworx tidak hanya menyajikan informasi-informasi bermanfaat saja, tapi kami juga menyediakan keperluan hosting, domain, SSL, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja website anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda website kami, yaitu Indoworx.com. Sekaligus jangan lupa untuk mengunjungi zonakuota.com untuk membeli pulsa dan kuota secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pembahasan soal dan jawaban UN 2017

Latihan Soal Ujian Nasional (UN) Teori Kejuruan TKJ  SMK 2017 . 1. Alat yang berfungsi untuk menghubungkan 2 jaringan dengan segmen yang ...